Strategi Viral marketing dengan memanfaatkan fanatisme penggemar K-pop – pada Penjualan BTS Meal.

Gerai makanan cepat saji McDonald’s (McD) Indonesia pada tanggal 9 Juni lalu merilis produk BTS Meal yang berkolaborasi dengan boyband asal Korea Selatan, BTS dengan menu 9 potong ayam McNugget, kentang goreng, minuman cola, dan saus celup khusus sweet chili dan Cajun yang terinspirasi oleh saus celup asli dari McDonald’s di Korea Selatan. Animo dari penggemar BTS  yang tinggi berdampak pada layanan pesan antar McDonald’s di beberapa wilayah yang menimbulkan antrean panjang ojek online dan menjadi trending topic Twitter dengan hashtag BTSxMcD dan juga #BTSMeal. Menu BTS Meal ini dikeluarkan McDonald’s untuk  menciptakan sesuatu yang eksklusif di kalangan penggemar BTS, dimana menu ini akan langsung diserbu konsumen karena banyak konsumen terutama penggemar BTS merasa istimewa jika sudah membelinya. Konsumen yang telah berhasil membeli menu BTS Meal ini kemudian memposting ke media social dan dengan bangga mengukuhkan diri mereka sebagai penggemar BTS yang setia dan  menjadikannya viral di media social.  BTS diketahui memiliki basis penggemar yang cukup besar, terlihat dari jumlah pengikut mereka di media social Twitter yang mencapai 30,5 juta dan pengikut di Instagram mencapai 43,3 juta. BTS sendiri merupakan salah BoyBand dengan bayaran termahal di dunia.

Fenomena demam budaya Korea yang sering disebut Korean Wave memang telah melanda dunia Internasional tidak terkecuali di Indonesia. Budaya korea yang sering disebut dengan Hallyu telah memengaruhi kehidupan masyarakat khususnya remaja, dengan mendorong penggemarnya untuk meniru perilaku idola mereka. Musik K-pop yang  identic dengan boy band dan girlband memang memiliki banyak penggemar setia di mancanegara, yang terbagi ke dalam fandom sesuai dengan idola mereka. Fandom,  singkatan  dari fan kingdom  merujuk pada kelompok penggemar dari artis Korea. Bangtan Sonyeondan (BTS) merupakan salah satu boyband asal Korea yang terkenal di dunia  dan memiliki penggemar  yang besar dan setia. Fandom BTS merupakan fandom terbesar di dunia  dengan jumlah anggota sekitar 40 juta anggota, termasuk didalam-nya dari Indonesia. Dikenal dengan sebutan ARMY alias Adorable Representative M.C for Youth, mereka mengklaim bahwa ARMY merupakan fandom palingloyal dan paling militan yang hanya fokus pada BTS. Banyaknya boy band dan girlband dari korea saat ini memang membuat sebagian besar penggemar K-Pop adalah multi fandom atau paling tidak memiliki dua grup favorit. Namun sering dikatakan bahwa ARMY adalah penggemar yang fanatic dan hanya fokus pada BTS dan jarang sekali penggemar BTS yang menjadi penggemar grup lain. Stategi Mc Donald yang menargetkan (targeting) fanatisme dari fandom BTS dengan meluncurkan BTS meal ini nyatanya telah berhasil viral dan mendulang keuntungan yang tidak sedikit, apalagi di saat pandemic ini tentunya jumlah pengunjung yang “dine in” di Mc Donald pastinya menurun. Mc Donald telah berhasil memanfaatkan fanatisme dari para ARMY untuk memviralkan produk BTS meal ini. Para ARMY ini akan memposting kebanggaan mereka telah berhasil membeli BTS meal di berbagai media social mereka dan tentunya akan diikuti oleh penggemar yang lain. Strategi viral marketing yang memanfaatkan fanatisme fandom memang bisa ditiru, misalnya dengan memanfaatkan fanatisme klub bola atau yang lainnya. Para pelaku usaha dituntut untuk bisa menangkap fenomena yang unik yang bisa menjadi viral di era digital ini. Viral marketing yang merupakan bagian dari digital marketing memang menjadi  salah satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan dalam melakukan promosi di era Revolusi Industri 4.0. apalagi dengan adanya  fitur penunjang yang mumpuni akan membuat digital marketing semakin efektif. Digital marketing juga mampu melacak perilaku konsumen, sehingga para pelaku usaha bisa melihat apa yang sedang trending dan paling dibutuhkan oleh konsumen untuk menaikkan penjualan produk mereka.

Tinggalkan komentar