Pengertian Internet

Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan memalui jalur telekomunikasi seperti telepon. Yang mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini adalah protokol-protokol yang umum disebut TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) yang memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer ini. TCP/IP secara umum antara lain berfungsi untuk memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data, dan lain-lain. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dikota anda, misalnya yang sekarang lagi gencar-gencarnya promosi yakni Telkom Speedy dengan teknologi yang di gunakan adalah ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line). ISP ini biasa juga disebut Penyelenggara Jasa Internet. Dengan memanfaatkan Internet, Pemakai komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan, memakai data bersama, saling berkomunikasi dengan cara saling kirim e-mail, Chetting, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

Silahkan komentari Artikel ini…!!

44 Tanggapan

  1. kadang orang yang belum tahu mengartikan kata “INTERNET”adalah sesuatu yang dinilai negatif, kemudian dikalangan pelajar atau mahasiswa juga pemanfaatan internet hanya sebatas chating, browsing, kirim email, atau bahkan lihat-lihat sesuatu yang negatif, agar pemanfaatannya dapat maksimal dan orang awam menangkap pengertian internet begitu mudah penyajian materi khususnya pengertian internet dipersingkat lagi aja deh pa alias tidak usah ngoler-ngoler hehehe……

  2. Terima kasih atas komentarnya…pengertian internet ya seperti yang jelaskan didalam artikel ini…mudah-mudahan anda dapat memahaminya…bagi yang belum memahaminya terutama bagi mahasiswa yang hanya memanfaatkan internet hanya sebatas chating, browsing dan berkirim surat melalui e-mail maka proses pembelajaran demikian diharapkan makin memahami apa itu internet …(ada prosesnya Mas…) Pengertian internet dapat menimbulkan persepsi yang beragam …ya wajar saja…seperti yang pernah kita saksikan pada iklan Telkom go to school pada televisi…

  3. betul pa, saya sendiri saja memanfaatkan teknologi internet hanya sebatas chating, browsing, dan kirim e-mail, kadang we-cam kadang juga mencari artikel, makanya saya juga pengin tahu apa aja sich yang bisa saya lakukan untuk memanfaatkan teknologi internet agar dapat maksimal.

  4. Internet memang membantu kita dalam bidang komunikasi. Khususnya kita yang berada jauh, bisa langsung berkomunikasi.
    Namun perkembangan internet sendiri harus dibarengi oleh pengawasan. Sehingga tidak ada atau paling tidak meminimalisir terjadinya penyalahgunaan teknologi.

  5. bagi saya internet sangat membantu sekali dalam hal komikasi karna dengan adanya internet kita dapat melakukan berbagai hal,di antaranya:
    kita bisa chating,komunikasi jarak jauh lewat internet ,cari informasi dari situ juga,kemudian dalam waktu yang singkat kita juga bisa mengakses data dengan cepat,sehingga mempermudah kita menggunakan alat itu.lalu bagaimana pak agar alat tersebut tidak di salah gunakan oleh orang lain.

  6. kapan istilah ” INTERNET ” diperkenalkan persisnya pada tahun berapa ?? oleh siapa?? jawab yach pak …. makasih…

  7. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Deddy Prihadi selaku Dosen Komp&internet, pada dasarnya memang internet merupakan alat komunikasi yang actual dan canggih tetapi belakangan ini banyak yang menyalahgunakan fungsi dan manfaat daripada internet tersebut, hal ini terlihat dari semakin banyaknya orang-orang yang menggunakan internet bukan untuk hal yang positif melainkan hanya untuk skedar kesenangan seperti melihat situs-situs Blue, chat, Browsing dll.

  8. suatu saat saya bertemu dengan teman lama, dan saling bertukat pengalaman. Dia menanyakan apakah kantor saya sudah memakai sistem LAN (Lokal Area Network) dan provider apa yang dipakai.

    Saya jawab sekenanya kalau kantor saya sudah memakai internet, karena saya memang tidak tahu istilah-istilah dalam jaringan LAN.

    Kemudian teman saya berkata kalau memakai internet itu kuno, lebih baik memakai intranet.

    Saya berpikir, apa bedanya internet dengan intranet dan sampai sekarang belum menemukan jawabannya.

    Dari pengalaman tersebut saya berharap Bpk. Dedi Prihadi selaku pengajar ilmu komputer dapatlah memberikan sedikit informasi terkait dengan macam-macam Service Provider tersebut.

  9. Sejarah Internet disebutkan diawali dengan era Pra Internet, yakni periode 1970-1993, berawal dari komunitas pengguna radio amatir, hingga komunitas pengguna komputer.
    Kemudian periode 1990-1995 saat Internet mulai masuk hingga menjamurnya Warung Internet (Warnet). Kemudian periode 1996-1998 saat kelahiran Asosiasi Pengusaha Jaringan Internet Indonesia (APJII) serta Internet pendidikan dan RT/RW Net. Periode teranyar, 2004-2006, Pemilu Indonesia pertama kali memanfaatkan Internet dalam penghitungan suara sampai ke program Indonesia Goes Open Source (IGOS)

  10. tadinya saya pikir internet tidak terlalu penting.bukan saya malas belajar tapi karena susah untuk mengerti saya lebih suka baca koran.tapi sekarang setelah sedikit mengenal internet saya berubah pikiran, saya pikir internet cukup praktis untuk membantu saya menemukan hal-hal baru yang menarik yang bisa menambah wawasan saya.
    oia sekalian tanya tentang uts pak.karena baru sekali pertemuan lalu materi ujiannya apa?trimakasih

  11. Mas Nanang Suwito…semoga masukan / informasi dari mas Gilang Isyana dapat memberikan pencerahan tentang perkembangan Internet dari tahun ketahun sampai dengan sekarang yang bisa kita rasakan… baik dirumah, HP maupun di tempat umum…Terima kasih Mas Gilang….

  12. Internet adalah suatu alat komunikasi dengan berjuta-juta sumber informasi lowongan pekerjaan,hiburan,berita dll.Melalui internet kita bisa membuka lowongan pekerjaan,mencari teman yang bisa mengakses lewat chatting/e-mail.

  13. Setelah Anda membaca Artikel singkat ini, saya berharap Anda tidak puas sampai disini saja…karena di dunia maya ini kita bisa mencari artikel yang serupa dan yang lebih jelas…Pahami Artikel Ini dan untuk Mahasiswa Bimbingan Konseling TA 2008/2008, Artikel Ini juga merupakan Bahan UTS yang nanti akan diujikan….Selamat Belajar…!

  14. internet merupakan alat komunikasi yang paling canggjh dan mempercepat komunikasi antar personal maupun kelompok.Untuk pribadi saya sangatlah penting dan saya merasa jadi pede asal tidak kepedean sekali betul nggak pak !!!!!

  15. Aduh…..saya jadi lebih paham dan makin cinta lo dengan materi kuliah pak Deddy tidak merayu lo ini, sungguh saya tadinya tau tapi tidak paham piye jal tau kata internet tidak tau dan paham untuk apa kan sama aja seperti katak dalam tempurung,terima kasih pak saya akan makin serius dan aktif mengikuti perkembangan tehnologi internet ini, salam dari teman2 BK pak!

  16. dengan adanya internet banyak sekali manfaatnya, karena dengan adanya sumber informasi maka memudahkan kita mendapat informani, tapi kenapa kok virus-virus sering merusak ya, bahkan sekarang ada virus yang galak…….gmn pak

  17. Wah…wah… memang hebat ya dunia internet ini saya semakin ingin tahu yang mendalam sayang saya terbates waktunya, tadinya saya ragu untuk ikut mencoba masuk kedunia internet ini tapi setelah mencoba jadi ketagihan,memang betul internet ini alat komunikasi yang canggih lho! ayo teman-teman ikutan bergabung ya! terima kasih pak Deddy, sebagai pembimbing saya dan teman-teman.

  18. Internet memang bagus pak, bagi kalangan pelajar, pekerja kantoran, dll. tapi jangan dilihat dari sisi negatifnya dulu, kita lihat dari sisi positifnya. bahwa internet dapat membantu kita dalam memperoleh informasi yang belum pernah kita ketahui dan komunikasi secara luas. tetapi bagaimana pak intern itu bekerja(cara kerja internet) dalam mengakses informasi -informasi ke dalam komputer?Terima kasih pak, Mohon dijawab y pak……….

  19. jangankan untuk berselancar di dunia maya, untuk membuka blog bapak saja susah sekali alias ga bisa2 gitu….untuk sementara ini saya mendefinisikan bahwa internet belum begitu mudah, untuk kalangan mahasiswa UPS saja banyak yang tidak tahu, padahal kan internet untuk mahasiswa harus jadi menu utama dalam konsumsinya,

  20. sekarang kan internet sudah ada di hp jadi warnet udah ga jamannya lagi dong pak, hehehe…. sebenarnya internetan di hp memang enak, bisa sambil santai, tiduran dll, tapi kalau sudah terkena virus baru ga enak… kenapa juga harus ada virus..? sebenarnya virus itu datang dari mana sich pak ? dan ada berapa macam virus ? virus itu maen datang aja dan bikin repot orang kalau mau buang tu virus, datang tak di jemput pulang susah di antar….. hehe…

  21. Ass,,,,,,,,,,,,,pak?senang sekali dengan adanya internet saya jadi lebih tahu artikel-artikel yang keren dicermati,misalya pada progdi BK,jadi saya lebih tahu dan paham.
    trimakasih pak,,,,,,,,,,,,,,
    Wass wr wb,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  22. sebenarnya ada dua segi dengan adanya internet yaitu positif n negatifnya segi positifnya kita bisa mencari data,informasi ataupun lainnya yang lebih up to date dari media yang lainnya,dan kita bisa mencari data n informasi apapun dengan menggunakan akses internet apalagi kita sebagai mahasiswa,pasti kita sangat membutuhkan banget akses internet,untuk dapat mencari jawaban dari tugas yang bapak berikan maupun dari dosen lainnya.segi negatifnya banyak orang-orang yanmg memanfaatkan akses internet untuk sesuatu hal yang tidak baik, misalnya membuka gambar ataupun video orang dewasa,ataupun bertransaksi lewat internet (tentang sesuatu yang negatif). jadi ya kesimpulannya buat saya y, klo internet sangat penting bagi orang-orang yang membutuhkan informasi ataupun lainya. sekian pak komentar dari saya. heeeeeeeee………..

  23. Peranan internet memang sangat membantu bagi semua kalangan, baik kalangan pelajar, pegawai kantoran ataupun pemerintah. Didalam internet segala informasi dapat kita peroleh dengan cepat. Selain itu, kita juga dapat semakin banyak memperluas wawasan, memperoleh teman dengan cara saling kirim e-mail, chetting,dll.
    Tetapi internet juga dapat membawa dampak buruk bagi masyarakat khususnya bagi para pelajar, biasanya mereka menyalahgunakan fasilitas yang ada. Contohnya : mereka lebih tertarik membuka web yang dapat merusak moral mereka sehingga anak akan cenderung ketagihan untuk menonton gambar tersebut.

  24. Ass.wr.wb
    dengan adanya internet kita dapat mencari berbagai berita terkini, dan dengan internet juga memudahkan kita dalam mencari bahan tugas kuliah.

  25. Wah internet memang hebat…dengan kecanggihannya kita jadi mudah untuk mencari informasi secara up date sesuai dengan keinginan kita baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri jadi serasa sudah keliling dunia saja. Bahkan kita bisa mendown load program-program yang kita sukai…
    Bisa kirim e-mail, Chetting, dll. Kita juga bisa mempromosikan barang dagangan kita melalui internet misalnya saja kita mau menjual jam tangan yang antik atau yang canggih.

  26. kadang buka internet juga bisa jadi hiburan lho…… disaat pikiran lagi sumpek & BT dengan segala rutinitas pekerjaan maupun aktivitas lainnya,dengan internet qta bisa browsing, chatting dll, kadang saking asiknya ga terasa billing pambayaran dah membengkak….he…..he….
    tapi internet juga penting untuk qta pelajari lho…..
    makanya qta rame-rame kuliah komputer & internet yuk……
    biar bisa tanya banyak hal sama pa deddy….. setuju ????

  27. Dengan internet dunia maya dapat kita genggam, yang jauh menjadi dekat , yang sulit menjadi mudah ……… bravo internet ……..

  28. salam sejahtera untuk kita semua.
    melakukan pekerjaan akan semakin mudah, efektif dan efisien dengan kita memanfaatkan tekologi komputer berjejaring ( internet ). sesuatu yang besar telah dan akan terus terjadi melalui fasilitas internet ini.
    transformasi komuniasi antar pengguna internet bisa dilakukan secara cepat dan akurat, pengiriman data informasi dari penjuru bumi yang terisolir sekalipun seperti diaderah pegunungan yang jauh dari pusat kota pun dapat dengan mudah disampaikan dengan cepat tanpa ada distorsi saat pengiriman data.
    komunitas baru dalam dunia maya pun memungkinkan terbentuk ketika dalam dunia nyata tak terfasilitasi.
    dalam melakukan pekerjaan pun internet sangat membantu seperti pada profei wartawan dsb.
    informasi dari belahan dunia manpun tidak lagi bisa dibendung dengan teknologi informasi internet ini.
    namun, tidak menutup kemungkinan bahwa teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh individu – individu yang tidak bertanggungjawab dalam memanfaatkan failitas ini. ha inilah yang sebenarnya patut kita antisipasi bersama guna menangkal efek – ej\fek negatif bagi generasi yang akan datang. terimakasih.

  29. internet-internet keren bangets sih lo……………..

  30. bagi saya internet sangat penting sekali karena dengan adanya internet kita bisa lebih mengertiiiiiiiiiii………….

  31. Ass……………… Pak??
    Menurut saya internet itu sangat penting karena dengan adanya internet maka akan sangat membantu sekali terutama dalam hal berkomunikasi,dengan adanya internet kita bisa menggunakannya sesuai dengan yang kita butuhkan, misalnya apa bila ada tugas untuk membuat email dsb, maka kita bisa memanfaatkan internet itu.
    Terima kasih Pak…………………..???

  32. Menurut saya,internet sangat berpengaruh pada kehidupan kita, terutama kita sebagai pelajar atau mahasiswa.Karena dalam internet kita dapat memperoleh berbagai macam informasi yang kita inginkan.
    Tapi kita harus bisa membedakan sisi positip dan sisi negatipnya………???????????????????
    Demikian komentar dari saya,,terima kasih.
    By SA Jafar.
    Peace and love

  33. Komentar untuk artikel :
    INTERNET UNTUK DUNIA PENDIDIKAN Ditulis pada 10 April 2008 oleh deddyprihadi

    Assalamu’alaikum, Pak Deddy saya mencoba mengkomentari artikel ini sekalipun sudah lama tetapi menarik karena pendidikan adalah dunia saya dan juga karena tugas mk Komputer & Internet. Pendidikan berbasis multimedia elektronik ini sangat menguntungkan semua pihak (pendidik & terdidik) penyampaian materi dan tugas-tugas tidak perlu tatap muka lagi. Dengan jarak jauh kapan saja, dimana saja, siapa saja bisa mengakses dan tugas dikerjakan, jadilah……..! itulah keuntungannya, susahnya jika di rumah tidak ada komputer-intrnet, ke warnet antree, nebeng teman / tetangga /ke kantor harus basa basi dulu, yaaaaa bakal ketinggalan kereetta………..

  34. Komentar untuk artikel :
    RFID Sebagai Peranti Pengenal Identitas Ditulis pada 11 September 2008 oleh deddyprihadi
    Ini bukan sembarang radio, radio frequency identification atau lebih dikenal dengan RFID ukurannya sebesar bulir padi (supermini) trus onderdilnya seberapa ya …? jangan tanya, yang pasti tidak disimpan di saku, di dompet, di handtas, koper atau almari………, tetapi diimplantasikan dalam organ tubuh (manusia, binatang piaraan) supaya tidak jatuh, tidak hilang, tidak tercecer, dan tidak bisa dicuri. Fungsinya oww……., multifungsi tergantung kebutuhan. Harganya ….? Kalau terjangkau ini angin segar bagi guru BK bisa implantasikan ke klien agar dari jarak jauh dapat memantau perilaku yang……suka bolos, suka bohong lebih-lebih jika terlibat si … narkoooo hiiiiii……

  35. Komentar untuk artikel :
    Microsoft memberikan Piranti Lunak Gratis bagi Mahasiswa
    By deddy ~ Oktober 8th, 2008.
    Microsoft Dream Spark (MDS) suatu piranti yang sengaja diciptakan untuk meningkatkan daya kreatifitas mahasiswa. Di negeri asalnya tergolong belum lama namun telah cepat menembus Indonesia. Harganya, wuaow…….. lebih mahal dari ONH. Microsoft Corporation memberi kesempatan mahasiswa Indonesia untuk mengakses piranti lunak ini (MDS) baik melalui perguruan tinggi negeri maupun swasta.Termasuk ups ya ….! atau sementara cukup sebagai Bunga Mimpi

  36. Melalui internet kita bisa belajar banyak tanpa seorang guru atau dosen di samping biaya lebih murah, efektif dan efesien, kita dapat belajar apapun yang kita mau ato ingin kita ketahui … bravo internet dan thanks

  37. INTERNET……….. Banyak orang yang memanfaatkan internet sebagai ajang bisnis dan menggali pengetahuan mendunia, tapi tidak sedikit juga orang yang memanfaatkan internet untuk hal-hal yang negatif. Saya pernah menyimak obrolan di televisi tentang BLOG, yaitu “Meraup dolar dengan melalui BLOG” apa itu bisa? trus bagaimana caranya? Terus terang pada saat tayangan tersebut saya masih bingung, padahal itu materi menarik sekali. Terima kasih Pak Deddy.

  38. Ass…………………….Pak? Menurut saya internet itu penting dalam masa-masa yang sekarang ini karena dunia teknologi sangat pesat dimasa sekarang ini.hamir sebagian orang dalam mencari pekerjaan lewat internet,karena di internet banyak peluang usaha kerja

  39. assalammualaikum..
    sbelumnya saya minta maaf pak,,soalnya saya ada satu komentar yang mengomentari artikel yang salah yang tidak sesuai tugas(tidak berhubungan dengan komputer dan internet)
    Dengan adanya internet memang sangatlah membantu untuk keidupan sehari-hari disamping memang memilki beberapa sisi negatif. Semakin kesini memang tekhnologi semakin maju,,sekarang untuk memakai internet tidak perlu harus repot-repot ke warnet atau mencari tempat yang ada hotspotnya..bisa juga komputer tersebut dihubungkan dengan Hp untuk koneksi ke internet,dengan terlebih dahulu menginstal modem sesuai tipe Hp dan membuat koneksi baru tergantung jaringan apa yang digunakan Hp kita.
    Untuk masalah pemanfaatan fasilitas yang ada di internet sebagian orang termasuk saya mungkin memang tidak terlalu memanfaatkan secara optimal,disamping minimnya pengetahuan juga apakah kita menaruh minat pada hal ini. Misalkan kita sudah punya minat,insya allah semakin ksini kita akan semakin maju dan mengerti fasilitas apa saja yang ada di internet dengan mencari tahu informasinya.

  40. assalamualaikum…………pak
    menurut saya internet sekarang sudah tenar dikalangan kawula muda atupun tua,ya walaupun saya sendiri aga GAPTEK……! dengan menggunakan fasilitas internet kita bisa mencari dan mendapatkan informasi yang kita cari dengan cara mendownland dan kita jg bisa sharing dengan cara chatting,internet jg bisa d salah gunakan oleh orang” yang tidak bertanggung jawab dengan membuat situs” untuk menjelekkan seseorang, jadi internet bisa di katakan bermanfaat dan juga merugikan,semua itu tergantung pada si penggunanya……….
    sebelum dan sesudahnya saya minta 5f apa bila ada salah kata dan terlalu banyak komentarnya…………///!

  41. assalamualaikum pak…?
    Menurut saya, internet itu suatu sistem jaringan untuk mencari suatu informasi dan jalur untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Maaf pak, saya kurang begitu tahu bagaimana cara memasang alat untuk mengakses internet , saya hanya bisa menggunakannya. Yang saya tahu untuk mengakses internet ada juga dengan hotspot dan HP.
    Mohon maaf pak, kalau ada kata yang salah….

  42. memang internet sangat membantu dalam pencarian segala informasi,,tapi apakah dengan adanya internet tidak membuat orang menjadi malas untuk berfikir?????

    • ya tidak juga…dengan mencari suatu informasi dan membacanya anda secara tidak langsung sudah berfikir…

  43. dengan adanya internet orang2 pasti akan menganggap tuhan seperti lagunya roma irama,maka dari itu kita harus punya iptek dengan imtak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: