Search Engine sebagai Penunjang Proses Pembelajaran

Pendidikan sebagai usaha “the acquisition of knowledge” pada hakekatnya merupakan suatu perjalanan hidup yang tiada henti, yang dimulai semenjak seseorang dilahirkan hingga yang bersangkutan kembali ke pangkuan sang pencipta. Sebagai seorang insan pendidikan saya merasa bahwa proses belajar pada jaman moderen ini amat menyenangkan. Mengapa kegiatan mencari ilmu dewasa ini menjadi mengasikkan ?, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang dapat berkelana kemana saja untuk mencari sumber pengetahuan, berinteraksi dengan para ilmuwan dan profesor terkemuka, mengakses ragam perpustakaan kelas dunia, dan lain sebagainya tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Semua itu mungkin karena perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, terutama setelah lahirnya internet di tengah-tengah masyarakat.
Internet sebagai sebuah jaringan raksaksa yang menghubungkan berjuta-juta komputer di dunia tidak saja berfungsi sebagai medium untuk tukar menukar informasi secara cepat dan murah, namun telah menjadi gudang pengetahuan yang tidak ternilai harganya. Dengan berkembangnya kuantitas pemakaian komputer dan meningkatnya jumlah penggunaan internet, maka nilai manfaat dari internet sebagai pusat ilmu pengetahuan pun bertambah secara ekponensial. Sayang, sebagaian besar dari mereka yang terbiasa berinteraksi di dunia maya rata-rata baru mempergunakan 5-10% “kekuatan” internet yang sebenarnya. Hal ini terjadi karena banyak pengguna internet belum mengetahui teknik searching yang tepat dan efektif agar yang bersangkutan dapat memperoleh data, informasi, maupun pengetahuan yang dibutuhkan. Sementara itu hampir seluruh sekolah terkemuka di Asia (juga di Australia, Eropa dan Amerika), telah mewajibkan kemahiran tingkat lanjut untuk mengakses internet sebagai prasarat utama yang harus dimiliki oleh stakeholder pendidikan. Mereka beranggapan bahwa jika para praktisi pendidikan tidak paham dan melek internet, maka sebuah sekolah dimana mereka mengajar masih jauh dari kreteria sebuah lembaga pendidikan yang ideal dan berkualitas.

Diantara banyak mesin pencari, seperti yahoo, altavista, lycos, allfheweb dan atau search.msn, Mbah Google (plesetan untuk Google yang sering terlontar pada saat saya mencari suatu informasi di dunia maya “Coba tanya saja Sama Mbah Google…” :)) karena dapat menampilkan banyak informasi sehingga dikatakan mbah, beranggapan bahwa seorang mbah pasti banyak pengalaman/mengetahui informasi) merupakan salah satu yang populer dan banyak digunakan. Seperti kebanyakan mesin pencari yang lain, Google dapat dijalankan dalam berbagai aplikasi peramban (browsing) seperti Internet Explorer, Netscape, Opera dan atau Mozilla melalui alamat www.google.com atau www.google.co.id (Indonesia). Secara umum mesin pencari akan melacak informasi yang terdapat pada komputer sumber data yang terjaring dalam satu jejaring global seluruh dunia. Masing-masing mesin pencari memiliki ciri tersendiri dalam pelacakan, misalnya: kecepatan pelacakan, ketepatan informasi, kuantitas situs pelacakan, teknik penelusuran, format dokumen yang dapat diakses dan lain sebagainya.

Bagi mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal, modul Search Engine Google Bagian 1 dapat Anda Download pada www.deddyprihadi.net/download materi kuliah, semoga modul tersebut dapat membantu Anda dalam mencari Informasi didunia maya sehingga dapat menunjang proses  pembelajaran Anda di Universitas Pancasakti Tegal.

3 Tanggapan

  1. “Search Engine sebagai Penunjang Proses Pembelajaran”

    Judul diatas sungguh sangat menarik untuk dibahas, proses pembelajaran dilihat dari konteks artinya sangatlah luas, tentunya proses pembelajaran yang positif. Search Engine juga dapat pula dijadikan pembelajarn yang negatif dan bahkan sangat memudahkan si user tersebut. Kalau untuk proses pendidikan kayaknya lebih pass ga yach.@#($*(

    _kamus-

  2. Assalamu’alaikum, Pak Deddy. “the acquisition of knowledge” apapun wujud dan bentuknya sebagai pengetahuan perlu diperkenalkan dan dipindahkan kepada orang yang belum tahu agar menjadi tahu/bisa. Kalau dahulu untuk tahu itu selain dari begawan/guru, tanya sana-sini mentoknya disuruh tanya pada rumput yang bergoyang (Ebit G.Ade) tetapi sekarang Mbah Google siap membantu, melalui Search Engine syaratnya tidak perlu bawa gula teh kopi rokok. Tetapi dengan beaya seharga sebungkus rokok, meniti jalan di http://www.—–.net/com/co.id, mendapatkan pengetahuan yang tak terhingga di Dunia Maya.
    Dengan pengetahuan orang bisa bertindak/bertingkah laku sesuai dengan pengetahuan yang diperolehnya misal; orang selamanya tidak akan buang air di kloset jika sejak balita tidak lebih dahulu diberitahu/diperkenalkan bagaimana cara melakukan itu. Prajurit akan selalu kalah dalam peperangan jika tidak diajarkan bagaimana strategi menghadapi musuh, yang tidak kurang dari ucapan terima kasih saya karena diberitahu tentang internet maka isi dunia maya bisa kutahu.
    Juga karena telah seringnya diberitahu makna tatakrama maka dengan ini pula menyampaikan permohonan maaf jika komentar ini mengandung plesetan. Namun berharap tidak terpeleset, insyaallah.

  3. assalammua’alaikum pak…
    search engine memang sangatlah membantu dalam proses pembelajaran,kita bisa memperoleh informasi apa saja melalui fasilitas tersebut.Dari sekian macam mesin pencari namun ada yang terbaik yang biasa di sebut mbah google,mbah google dapat memberikan informasi apapun yang kita inginkan tanpa harus mulutnya komat-kamit membaca mantra cukup kita menuliskan keyword dari info yang kita cari,,mbah google juga pandai berbagai macam berbahasa,,kita tinggal masuk google translite(penerjemah),google juga dapat memberikan kita pengetahuan dari luar angkasa (google earth) yang berupa gambar 3dimensi sehingga seolah kita sedang menjelajah,,dapat juga melihat isi dari lautan tanpa harus menyelam laut,kita dapat melihat rumah kita bila di lihat melalui satelit(google map),e-mail(Gmail),yang senang menulis dan ingin tulisannya di baca,di komentari kemudian mempunyai banyak teman bisa juga lewat google(blogger),dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang memang sangatlah membantu dalam proses pembelajaran…Karena begitu mudahnya memberikan suatu informasi,kita juga harus bisa mengendalikan diri jangan sampai kita terjerumus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: