Campak…

Virus Campak

Virus Campak

Waduh…kena campak…rasanya nggak percaya …kok bisa kena lagi sich…padahal saya waktu kelas 3 SD sepertinya sudah pernah merasakan penyakit ini…kok bisa ya …katanya dokter iya sekarang ini ada beberapa virus yang bermutasi menjadi virus yang kebal terhadap vaksin…diantaranya campak jadi jangan dikira kalau sudah pernah kena tidak akan terkena lagi….wah ngeri juga ya…

Apa sih Virus campak itu…

Penyakit Campak (Rubeola, Campak 9 hari, measles) adalah suatu infeksi virus yang sangat menular, yang ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaput ikat mata/konjungtiva) dan ruam kulit. Penyakit ini disebabkan karena infeksi virus campak golongan Paramyxovirus. Penularan infeksi terjadi karena menghirup percikan ludah penderita campak. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum rimbulnya ruam kulit dan 4 hari setelah ruam kulit ada. Sebelum vaksinasi campak digunakan secara meluas, wabah campak terjadi setiap 2-3 tahun, terutama pada anak-anak usia pra-sekolah dan anak-anak SD. Jika seseorang pernah menderita campak, maka seumur hidupnya dia akan kebal terhadap penyakit ini.

Gejalanya :

Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi, yaitu berupa: – Panas badan – nyeri tenggorokan – hidung meler ( Coryza ) – batuk ( Cough ) – Bercak Koplik – nyeri otot – mata merah (conjuctivitis) 2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik Koplik). Ruam (kemerahan di kulit) yang terasa agak gatal muncul 3-5 hari setelah timbulnya gejala diatas. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar) maupun papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai, sedangkan ruam di wajah mulai memudar. Pada puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang. Demam, kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 hari hingga 7 hari.

Ya memang benar yang saya alami hampir sama persis seperti yang telah di gambarkan diatas, pada hari ke 4 saya pikir sudah mendingan karena bintik-bintik merah yang ada pada ke dua lengan sudah hilang tinggal yang ada di kedua paha dan kaki, dan  kedua mata memang masih kemerahan karena terjadinya peradangan selaput ikat mata/konjungtiva…ya merah aja nggak terasa pegal sich…tetapi pada hari ke 5  virusnya seperti protes dan masih ingin tinggal ditubuh ku ini,… pangkal paha dan kedua kakiku terasa pegal-pegal yang sangat luar biasa nikmat sekali dan sedikit demam, sulit untuk bisa berdiri dan berjalan dengan normal….akhirnya saya ke dokter yang kedua kalinya dengan penjelasan ya itulah virus yang namanya campak….

Memang kesehatan itu adalah penting tetapi akan lebih penting lagi adalah menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit…tetaplah sabar dan tawakal apabila mengalami sakit…

2 Tanggapan

  1. kesadaran masyarakat akan kesehatan sangat diperlukan untuk menjadikan bangsa yang sehat, apabila menderita suatu penyakit harus diperiksakan ke Rumah Sakit secara dini,agar mudah utuk disembuhkan dan dapat diketahui penyakitnya secara dini. Tetapi dalm hal ini juga ditunjang oleh kebijakan pemerintah, dimana banyak penduduk Indonesia yang kurang mampu maka dari itu perlunya Askeskin<tetapi sering kita jumpai penyalurannya kurang tepat dan ada yang menyimpang. Dalam hal ini perlu adanya kejelian dari para aparatur pemerintah, teknologi informatikan sangat menunjang kesehatan hal dimana masyarakat bisa mengetahui informasi kesehatan melalui media-media, baik cetak maupun elektronik .

  2. soal UTS nya jgn susah2 ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: